Skip to main content

Third RAAF F-35 Makes First Flight

05 Desember 2017 A35-003 takes off from Fort Worth. (photo : AustralianAviationCarl Richards) The Royal Australian Air Force’s third F-35A Lightning II, A35-003, has completed its first flight. Photographer Carl Richards captured these images of A35-003 taking off on its first flight, from Naval Air Station Joint Reserve Base Fort Worth, on December 1. The aircraft is due to be delivered to Luke Air Force Base, Arizona in early 2018 to be used for pilot and maintainer training, before being permanently relocated to Australia in 2020. A35-003, known to its manufacturer Lockheed Martin as AU-3, had its RAAF markings, including its 3 Squadron tail flashes, applied in early November, the final phase of the aircraft’s production process. 3 Squadron is due to become the first RAAF F-35 operational unit. ( AustralianAviation )

Mengapa Perusahaan Juga Ngeblog?


Blogging atau ngeblog biasanya dilakukan oleh individu atau personal. Tujuannya tentu beragam, mulai dari sekedar tempat curhat hingga untuk menghasilkan uang. Individu yang melakukan kegiatan ini disebut dengan blogger.

Biasanya begitu.

Tetapi, tahukah Anda bahwa di zaman now, kegiatan ngeblog bukan lagi monopoli perorangan saja. Banyak sekali perusahaan ternyata juga ngeblog. Hal itu bisa terlihat pada website-website perusahaan tersebut dimana tersedia menu blog, seperti screenshoot di atas.

Pertanyaannya, mengapa perusahaan juga ngeblog? Apakah bisnis kurang lancar sehingga harus mencari pendapatan lain? Apakah karena pegawainya kurang kerjaan sehingga mereka perlu diberi kerjaan tambahan mengisi blog supaya tidak terlihat luntang lantung?

Jawabannya, bukan itu semua.

Kelebihan dari sebuah blog dan isinya ternyata juga menarik bagi para penggelut dunia bisnis. Banyak dari mereka bahkan tidak segan mengeluarkan biaya tambahan agar blog di website mereka terisi secara terjadwal.

Alasannya :

1. Melakukan Branding

Para pelaku bisnis menemukan bahwa blog bisa dijadikan sebuah media untuk menanamkan branding atau pencitraan perusahaannya.

Mereka biasanya menerbitkan artikel-artikel untuk bisa menimbulkan kesan "khusus" pada diri pembacanya, seperti perusahaan "A" sebagai perusahaan yang ramah lingkungan atau lain sebagainya.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Sebuah perusahaan akan selalu menawarkan sesuatu, entah produk atau jasa baru. Tentunya, tidak serta merta para calon pengguna akan tahu tentang produk baru tersebut. Perusahaan. harus memperkenalkannya kepada khalayak agar bisa terjual.

Cara terbaru yang mulai umum dilakukan adalah dengan membuat sebuah artikel yang membahas tentang produk baru tersebut di blog mereka.

3. Menghemat Biaya Promosi

Pomosi itu mahal lo. Tidak murah. Perlu uang banyak untuk membuat orang mengenal sebuah produk dari perusahaan.

Menerbitkan artikel-artikel di blog yang tersedia di website sendiri adalah sebuah langkah promosi yang sangat murah. Biaya promosi hanyalah sekedar mencari penulis review atau artikel saja.

Memang penjualan tidak bisa hanya via blog dan harus ditunjang kegiatan promosi lainnya, tetapi, dengan menerbitkan artikel di website sendiri, maka tentunya ada biaya promosi yang bisa dihemat.

4. Membangun Loyalitas

Pernah coba mencari tutorial cara memperbaiki hal-hal kecil dari sebuah produk seperti Televisi dan tidak menemukannya? Pastilah sudah. Kalaupun sudah ada blogger yang membuatnya, tentunya tidak akan begitu saja dipercaya dibandingkan ketika si pembuatnya yang mengatakan.

Sebuah blog yang berisi berbagai penjelasan atau bantuan teknis terhadap sebuah produknya akan membangkitkan rasa percaya dan loyal dari penggunanya. Ia akan memberikan kesan bahwa produsen barang yang dibelinya sangat memperhatikan kebutuhan dari penggunanya.

Sebuah hal yang sulit dlakukan ketika yang ada di websitenya hanyalah beberapa halaman statis. Sebuah blog berisi artikel tutorial tentang produk-produknya akan sangat bermanfaat.

5. Membuat Pasar

Sebuah blog, jika ditangani secara baik, akan melahirkan pembaca-pembaca yang setia di ceruk pasar yang diterjuni.

Pembaca-pembaca ini adalah manusia dan setiap manusia selalu "berbelanja".

Sebuah blog perusahaan yang memiliki banyak pembaca setia akan diuntungkan karena mereka bisa mendapatkan pembeli/pengguna jasa dari komunitas pembaca blog mereka sendiri.

Mereka bisa menawarkan sebuah produk lewat blognya dan bisa dibeli langsung oleh pembaca blog mereka.

6. Menjalin Interaksi Dengan Pengguna/Pembeli

Memang, biasanya selalu ada bagian customer service atau marketing di setiap perusahaan. Bagian ini bertanggungjawab melakukan pendekatan dan interaksi kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan akhir tentunya penjualan.


Tetapi, bagaimana ketika seorang calon pembeli berada di tempat jauh sehingga akan sangat mahal untuk mendatanginya? Mudah saja, kolom tanya jawab di blog, atau kolom komentar bisa menjadi sebuah sarana interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan yang seperti ini.

Akan menjadi lebih efisien lagi, jika sebuah forum disediakan di sebuah website perusahaan untuk membahas artikel tentang sebuah produk yang diterbitkan di blog perusahaan itu.

Begtulah kira-kira mengapa semakin banyak website perusahaan yang memasang menu "BLOG".

Banyak keuntungan yang diraih sehingga tidak jarang perusahaan mengeluarkan dana untuk menyewa "blogger" untuk mengelola blog mereka.

Sebuah peluang pekerjaan baru untuk para blogger di masa yang akan datang. Di banyak negara maju hal ini sudah umum dilakukan, tetapi sepertinya di Indnesia masih butuh waktu. Mungkin karena para perusahaan masih belum 100% memanfaatkan potensi yang ada dari sebuah blog di website perusahaan.

Mungkin 3-5 tahun lagi? Maybe yes, maybe no.

Comments

Popular posts from this blog

Third RAAF F-35 Makes First Flight

05 Desember 2017 A35-003 takes off from Fort Worth. (photo : AustralianAviationCarl Richards) The Royal Australian Air Force’s third F-35A Lightning II, A35-003, has completed its first flight. Photographer Carl Richards captured these images of A35-003 taking off on its first flight, from Naval Air Station Joint Reserve Base Fort Worth, on December 1. The aircraft is due to be delivered to Luke Air Force Base, Arizona in early 2018 to be used for pilot and maintainer training, before being permanently relocated to Australia in 2020. A35-003, known to its manufacturer Lockheed Martin as AU-3, had its RAAF markings, including its 3 Squadron tail flashes, applied in early November, the final phase of the aircraft’s production process. 3 Squadron is due to become the first RAAF F-35 operational unit. ( AustralianAviation )

Belajar Ulang Dari Indri Lidiawati : Hari Ini Saya Baca Ulang Lebih Dari 100 Artikelnya

Tidak terasa, Hingga waktu istirahat kantor lewat, mata saya masih terpaku pada layar monitor dan jari masih menekan tuts ke tombol "older posts" di blog Juragan Cipir. Sudah lebih dari 100 halaman atau artikel yang dibaca selama itu. Untungnya artikel-artikelnya pendek-pendek, jadi saya bisa membaca banyak selama waktu istirahat yang tidak panjang itu. Memang heran karena blog Juragan Cipir, kepunyaan Mbak Indri Lidiawati sendiri sudah lama sekali tidak diupdate. Rasanya sudah hampir 6 bulan sejak artikel terakhir diterbitkan di blog tersebut. Setelah itu tidak ada lagi tulisan baru yang masuk, baik dari si empunya atau para rekan sesama blogger. Situasinya sudah agak mirip kuburan karena perlahan tapi pasti forumnya pun ikut terimbas dan tidak ada lagi percakapan tentang apapun. Padahal dulu banyak sekali tanya jawab tentang Adsense atau blog. Meskipun demikian, tetap saja saya rutin, setidaknya secara berkala datang berkunjung kesini. Saya paham bahwa tidak akan ada apapun...

Hanwha Debuts KTSSM Missile, Known as Artillery Killer

28 Oktober 2017 Korea Tactical Surface to Surface Missile (KTSSM) at the ADEX 2017. (photos : Defence Blog) South Korea’s Hanwha Systems displayed its new tactical surface-to-surface missile, called KTSSM and known as artillery killer. The Korea Tactical Surface-to-Surface Missile (KTSSM) is a new type of ballistic guided weapon system. The missile has a range of over 120 kilometres. The tactical ground-guided weapon, which was first publicly released this time, has four missiles in one fixed launch pad. Four missiles are launched in succession. It is regarded as a powerful weapon system capable of neutralizing the enemy ‘s gunfire in the shortest time in the emergency. The KTSSM can penetrate underground targets with its powerful warhead. The new missiles can provide South Korea’s military with the capacity to destroy hardened artillery sites equipped with hundreds of long-range guns. ( Defence Blog )